Ablasio Retina

Written By Unknown on Monday 22 September 2014 | 04:21

Sebuah retinal detachment adalah, dalam banyak kasus, keadaan darurat medis dan harus dinilai sesegera mungkin sehingga dokter mata Anda (dokter mata) mampu membuat keputusan tentang pengobatan Anda mungkin perlu.

Tentang ablasi retina
Ablasi retina terjadi ketika retina memisahkan dari bagian belakang bagian dalam mata, bukan seperti wallpaper mengupas dari dinding basah. Retina harus terpasang ke bagian belakang mata untuk bertahan hidup dan bekerja dengan baik, jadi jika ablasi retina tidak terdeteksi dan ditangani dengan cepat dapat menyebabkan hilangnya sebagian atau semua visi di mata Anda.

Halaman ini memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk membantu Anda memahami ablasi retina, bagaimana perlakuannya dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi visi Anda.
Sebuah gambar yang menunjukkan struktur.

 karya mata Anda
Ketika Anda melihat sesuatu, cahaya melewati depan mata Anda, dan difokuskan oleh lensa ke retina Anda. Retina adalah jaringan halus yang melapisi bagian dalam mata Anda. Retina mengubah cahaya menjadi sinyal listrik yang berjalan di sepanjang saraf optik ke otak Anda. Otak menafsirkan sinyal-sinyal ini untuk "melihat" dunia di sekitar Anda. Retina juga disertakan dengan darah oleh jaringan halus pembuluh darah pada permukaannya.

Cahaya difokuskan ke daerah kecil retina yang disebut makula, yaitu sekitar ukuran kepala peniti. Ini bagian yang sangat khusus dari retina sangat penting, karena memungkinkan Anda untuk melihat detail halus ketika Anda melihat langsung sesuatu seperti kata-kata, foto atau televisi. Makula Anda juga memberikan banyak kemampuan Anda untuk melihat warna. Sisa retina memberikan visi samping (peripheral vision). Mata diisi dengan zat yang jelas disebut vitreous gel. Cahaya melewati gel untuk fokus pada makula.

penyebab

Kebanyakan ablasio retina terjadi karena robekan atau lubang di retina memungkinkan cairan bocor antara lapisan retina dan ini kemudian menyebabkan retina untuk melepaskan. Lubang-lubang di retina dapat terjadi karena perubahan yang terjadi seiring pertambahan usia, sedangkan air mata terjadi karena retina telah ditarik dan robek. Air mata sebagian besar terjadi ketika vitreous gel tiba-tiba menjadi terlepas dari retina (dikenal sebagai posterior vitreous detachment akut atau PVD). Kebanyakan PVD bertahap tidak mengakibatkan ablasi retina. Sebuah pukulan di kepala tidak dapat menyebabkan ablasi retina, meskipun pukulan langsung ke mata dapat melakukannya.

Kondisi mata lainnya seperti diabetic retinopathy dapat mengakibatkan jaringan parut fibrosa membentuk di dalam vitreous dan pada permukaan retina. Jaringan parut ini kemudian dapat menarik pada retina (traksi) menyebabkan detasemen. Jenis traksi pada retina juga dapat menarik retina menjauh dari bagian belakang mata.

Sebuah tipe yang jarang dari ablasi retina dapat terjadi ketika cairan dari pembuluh balik kebocoran retina antara lapisan retina tanpa ada lubang atau robek hadir. Jenis detasemen terjadi karena kondisi lain seperti peradangan atau tumor.

Siapa yang berisiko?

Ablasi retina jarang terjadi. Ini hanya terjadi pada sekitar 1 dari 10.000 orang setiap tahun. Ablasi retina bisa terjadi pada seseorang dari segala usia tetapi sangat jarang di bawah usia 16 dan paling sering terjadi pada orang berusia antara 60 dan 70 tahun. Hal ini karena perubahan pada gel vitreous sangat umum pada orang tua, terjadi pada 60 persen orang berusia di atas 70 tahun. Bagi sebagian besar orang perubahan ini tidak mengakibatkan komplikasi serius. Untuk informasi lebih lanjut, lihat brosur kami pada "Memahami posterior vitreous detachment".

Kelompok lain - dari orang-orang muda yang pendek terlihat - juga berisiko karena gel vitreous mereka, yang tidak sekencang seharusnya, melepaskan dari bagian belakang mata sebelumnya.

Anda memiliki peningkatan risiko ablasi retina jika Anda:

  •      sangat pendek terlihat (lebih dari dikurangi 6,00 D)
  •      memiliki trauma (cedera atau pukulan) langsung ke mata
  •      telah memiliki detasemen di salah satu mata, maka ada kemungkinan peningkatan                  detasemen di mata lainnya. Antara 2 dan 10 persen dari detasemen terjadi pada kedua mata
  •      memiliki riwayat keluarga ablasi retina.

Gejala yang memperingatkan dari ablasi retina

floaters

Floaters disebabkan oleh potongan-potongan puing-puing di vitreous gel casting bayangan pada retina. Otak kemudian melihat ini sebagai sebuah objek melayang-layang di depan visi Anda. Floaters adalah sangat umum dan kebanyakan orang semua dapat berharap untuk memiliki beberapa ketika usia mereka bertambah. Orang yang pendek terlihat atau memiliki operasi mata di masa lalu sering memiliki lebih floaters. Floaters dapat mengambil banyak bentuk yang digambarkan sebagai cincin, laba-laba kaki atau jaring laba-laba. Mereka tidak dengan sendirinya menjadi perhatian terutama jika mereka telah hadir selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Namun, jika Anda mengalami peningkatan dramatis terbaru dalam jumlah floaters atau shower pemberitahuan floaters debu-seperti, ini bisa menjadi tanda bahwa perubahan yang terjadi di belakang mata Anda.

Jika Anda mengalami onset baru-baru ini floaters atau perubahan sifat atau jumlah floaters Anda, Anda harus memiliki mata Anda diperiksa oleh seorang dokter mata (kacamata) atau oleh dokter mata sesegera mungkin biasanya dalam waktu 24 jam. Jika Anda melihat dokter mata dan mereka menduga, atau menemukan atau tidak dapat mengesampingkan air mata di retina Anda maka mereka akan merujuk Anda segera ke dokter mata.

lampu berkedip

Banyak orang mengalami lampu berkedip, paling sering di sekitar tepi visi mereka. Berkedip lampu terjadi ketika retina dirangsang oleh sesuatu di dalam mata bukan oleh cahaya yang masuk ke mata. Mereka sering disebabkan oleh vitreous gel di dalam mata bergerak dan menarik pada retina.

Dalam banyak kasus lampu berkedip disebabkan oleh satu detasemen vitreous bertahap dan dalam kebanyakan kasus ini tidak menimbulkan masalah jangka panjang dengan visi Anda. Namun, lampu berkedip dapat menunjukkan bahwa ada robekan di retina. Tidak ada cara Anda dapat memberitahu apakah lampu berkedip Anda disebabkan oleh vitreous atau oleh air mata retina. Jika Anda tiba-tiba mengalami lampu berkedip baru Anda harus memiliki mata Anda diperiksa oleh seorang dokter mata sesegera mungkin, terutama jika Anda juga memiliki floaters baru.

gelap bayangan

Jika Anda tidak melepaskan retina maka tidak dapat bekerja dengan baik lagi. Anda akan melihat ini sebagai bayangan gelap yang solid datang dari tepi visi Anda yang Anda tidak dapat melihat bulat atau melalui. Jika lebih dari retina Anda melepaskan maka bayangan akan terus bergerak menuju pusat penglihatan Anda.

Jika Anda mengalami bayangan gelap bergerak ke atas, bawah atau di visi Anda, Anda perlu menghadiri klinik mata di rumah sakit setempat sesegera mungkin dalam hari yang sama atau dalam waktu 24 jam.

Mengaburkan visi

Visi Anda secara bertahap dapat menjadi kabur karena berbagai alasan dan kunjungan ke dokter mata akan membantu Anda mencari tahu mengapa. Jika visi Anda tiba-tiba menjadi kabur, terutama jika salah satu gejala lain dari lampu berkedip, floaters atau bayangan yang hadir, maka ini lebih serius dan Anda perlu berkonsultasi dokter mata Anda sesegera mungkin dan biasanya dalam waktu 24 jam.

Berurusan dengan gejala

Banyak orang memiliki berkedip dan floaters dan ini normal untuk mata mereka. Tidak setiap orang dengan berkedip dan floaters akan mengembangkan ablasi retina. Namun, jika Anda melakukan pengalaman berkedip atau floaters untuk pertama kalinya, atau berkedip biasa dan floaters berubah, maka Anda harus memiliki mata Anda diperiksa.

Jika Anda telah diperiksa untuk ablasi retina di masa lalu Anda harus telah diberikan instruksi yang jelas tentang apa yang harus dilakukan jika Anda memiliki gejala lebih lanjut dan Anda harus mengikuti. Hal ini biasanya melibatkan menghubungi klinik mata di rumah sakit jika Anda memiliki masalah apapun.

pencegahan

Jika Anda memiliki retina yang sehat maka tidak ada pengobatan yang dapat mengurangi risiko detasemen. Tes mata secara teratur adalah cara penting untuk memastikan mata Anda sehat dan Anda tidak memiliki tanda-tanda kondisi mata. Kebanyakan orang harus memiliki mata mereka diuji setiap dua tahun. Namun, beberapa orang mungkin perlu tes lebih teratur. Dokter mata Anda akan dapat merekomendasikan seberapa sering Anda harus memiliki mata Anda diuji.

Salah satu penyebab ablasi retina adalah trauma pada mata. Memakai pelindung mata untuk DIY, berkebun atau olahraga adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko cedera mata. Ablasi retina tidak terjadi sebagai hasil dari melelahkan mata Anda, membungkuk atau mengangkat beban berat.

Jika Anda mengalami gejala-gejala dari berkedip dan floaters dan klinik mata mendeteksi lubang atau robekan pada retina Anda maka ini dapat diobati untuk mengurangi risiko ablasi retina berkembang. Tidak semua air mata atau lubang perlu mengobati. Perawatan untuk air mata retina dan lubang adalah pencegahan - berhenti air mata retina atau lubang balik ke detasemen penuh.

Pengobatan dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda, baik menggunakan menggunakan laser yang menyebabkan luka bakar yang sangat kecil di daerah sekitar lubang retina atau air mata yang bertindak untuk "las" retina Anda lebih tegas ke bagian belakang mata Anda, atau dengan menggunakan cryoprobe yang membeku area kecil dari retina sekitar air mata retina atau lubang dari luar mata. Air mata retina atau lubang dikelilingi oleh perawatan dan ini mencegah lewat cairan melalui lubang menyebabkan detasemen.

Anda dapat memiliki jenis pengobatan sebagai pasien rawat jalan menggunakan anestesi lokal. Visi Anda biasanya tidak terpengaruh oleh jenis pengobatan karena hanya daerah lokal sangat kecil retina diperlakukan.

pengobatan
Ablasi retina dapat diobati. Perawatan melibatkan operasi untuk memposisikan retina ke bagian belakang mata. Semakin cepat pengobatan dilakukan, semakin baik hasilnya mungkin. Jika ablasi retina tidak diobati maka Anda cenderung kehilangan semua visi di mata yang terkena dari waktu ke waktu.

Bedah untuk ablasi retina adalah rumit dan sangat individual untuk setiap kasus. Jenis pengobatan yang dibutuhkan tergantung pada jenis detasemen dan faktor rumit apa saja, seperti kondisi mata lainnya yang mungkin Anda miliki.

Setelah penilaian awal, ahli bedah spesialis mata (ophthalmologist) akan memutuskan seberapa cepat operasi perlu dilakukan - ini mungkin dalam waktu 24 jam atau dalam beberapa hari. Biasanya, hanya satu operasi yang dibutuhkan dan jenis operasi yang dijelaskan di bawah dapat digabungkan. Kebanyakan orang akan memiliki anestesi lokal, yang berarti bahwa Anda akan terjaga tetapi merasakan apa-apa di mata Anda. Beberapa orang, khususnya anak-anak, akan memiliki anestesi umum, yang berarti mereka tidak sadar (tidur) untuk operasi. Anda dan dokter mata anda akan menentukan jenis anestesi akan menjadi yang terbaik untuk Anda. Kebanyakan orang pulang hari yang sama dengan operasi tetapi beberapa orang mungkin perlu tinggal di rumah sakit selama satu atau dua hari.

vitrectomy

Paling sering saat Anda mungkin memiliki operasi vitrectomy. Prosedur ini melibatkan menghapus vitreous gel dan menggantikannya dengan baik gelembung gas atau, kadang-kadang, minyak silikon yang jelas. Gelembung gas atau silikon cair kemudian memegang retina di tempat terhadap bagian dalam mata Anda.

scleral buckle

Dalam kasus lain gesper scleral dapat digunakan. Ini melibatkan melampirkan sepotong kecil dari silikon spons atau plastik keras ke luar mata Anda. Hal ini menekan di bagian luar mata, menyebabkan bagian dalam mata untuk sedikit bergerak (gesper) ke dalam. Hal ini mendorong bagian dalam mata terhadap retina terpisah ke posisi yang membantu retina untuk memasang kembali. Cryotherapy atau perawatan laser akan digunakan untuk menutup area di sekitar lubang. Gesper ini biasanya tidak dihapus dan tidak terlihat setelah operasi selesai.

Pneumatic retinopexy (gas bubble operasi)

Jika ablasi retina Anda kecil dan tidak rumit gelembung gas dapat disuntikkan ke dalam vitreous mata. Gelembung ini kemudian menekan kembali retina pada tempatnya, dan cryotherapy atau laser diterapkan putaran lubang atau robek. Gas tersebut diserap selama periode minggu dan retina tetap di tempat. Tergantung pada ukuran dan posisi gelembung, visi Anda mungkin sangat kabur dalam beberapa minggu pertama. Jenis operasi telah ditemukan untuk menjadi kurang berhasil daripada jenis lain dan tidak sering dilakukan di Inggris.

Setelah operasi Anda

Setelah operasi mata Anda akan merasa tidak nyaman. Mungkin ada beberapa memar dan kelopak mata Anda mungkin lengket. Anda akan diberikan obat tetes mata untuk membantu mencegah infeksi dan untuk mengontrol pembengkakan apapun. Mata Anda mungkin tidak nyaman selama beberapa minggu setelah operasi.

Beberapa minggu pertama setelah operasi

Jika Anda memiliki gelembung gas dimasukkan ke dalam mata Anda, visi Anda akan sangat kabur untuk sementara waktu. Ini hanya sementara. Sebagai gas yang diserap Anda mungkin melihat garis bergelombang di visi Anda yang merupakan kesenjangan antara gas dan isi cairan dari mata. Ini perlahan-lahan akan bergerak dan kemudian menghilang selama 10 hari hingga beberapa minggu.

Bahkan tanpa gelembung gas visi Anda mungkin kabur selama beberapa hari, mungkin minggu, setelah operasi. Selama ini meskipun pandangan Anda akan kabur Anda tidak harus membatasi berapa banyak Anda menggunakan mata Anda, sehingga menonton TV atau membaca tidak akan menimbulkan masalah.

Dokter mata Anda akan memberitahu Anda aktivitas yang harus Anda hindari langsung setelah operasi dan saran mungkin berbeda tergantung pada jenis operasi yang Anda miliki. Kebanyakan orang akan memiliki beberapa pembatasan untuk beberapa minggu pertama setelah operasi. Berapa lama Anda akan memiliki pembatasan ini akan tergantung pada prosedur yang tepat yang Anda miliki. Hal ini juga tergantung pada apakah Anda bekerja dan apa pekerjaan yang Anda lakukan. Misalnya, jika Anda berkendara Anda mungkin menemukan bahwa berbahaya jika Anda memiliki gelembung gas di mata Anda. Dokter mata Anda dapat mempertimbangkan semua faktor dalam kasus Anda dan menawarkan saran terbaik tentang pembatasan diperlukan.

Setelah mata Anda telah sembuh dari operasi Anda dapat melanjutkan olahraga atau aktivitas yang Anda nikmati. Sekali lagi, dokter mata Anda adalah orang terbaik untuk memberitahu Anda jika ada kegiatan rutin Anda harus dihindari dalam jangka panjang. Biasanya kontak penuh olahraga yang mungkin melibatkan pukulan ke mata seperti tinju, kick-boxing dan seni bela diri tidak dianjurkan untuk seseorang yang telah menjalani operasi reattachment retina.

sikap

Sikap berbohong atau duduk dengan kepala dalam posisi tertentu. Anda mungkin akan diminta untuk melakukan hal ini sebelum operasi untuk menghentikan ablasi retina menyebar, atau setelah operasi untuk membantu menjaga gelembung gas di tempat, sehingga terus memberikan tekanan pada bagian retina yang disambungkan. Anda mungkin perlu melakukan ini hingga 10 hari setelah operasi. Jika Anda perlu melakukan ini tim medis akan menjelaskan bagaimana cara berbohong atau duduk dan untuk berapa lama.

Jika memungkinkan, Anda mungkin menemukan itu berguna untuk memiliki seseorang untuk membantu Anda di rumah ketika Anda sedang memosisikan, tapi kalau itu tidak mungkin dan Anda khawatir tentang mengatasi, Anda mungkin ingin membiarkan dokter mata atau dokter tahu tentang keadaan Anda karena mereka mungkin dapat mengatur bantuan.

Anda perlu memberitahu klinik Anda jika Anda perlu untuk terbang setelah menjalani operasi. Jika gelembung gas telah digunakan, tidak aman untuk terbang sampai gelembung gas telah sepenuhnya diserap. Jika Anda mengalami operasi lain, ahli anestesi perlu tahu bahwa Anda memiliki gelembung gas. Setelah setiap periode sikap selesai Anda dapat melanjutkan kegiatan, termasuk jenis kelamin, kecuali disarankan lain oleh dokter bedah Anda.

Bagaimana sukses adalah pengobatan?

Pembedahan biasanya sangat sukses di reattaching retina. Sejauh mana visi rinci dan periferal Anda akan terpengaruh kemungkinan akan tergantung pada seberapa banyak retina terpisah, jika makula terlepas, jika Anda memiliki kondisi mata lain seperti diabetic retinopathy dan seberapa cepat operasi dilakukan.
Jika Anda makula, yang memungkinkan kita untuk melihat detail halus, tetap terpasang maka hasilnya sering sangat baik dan penglihatan sentral Anda mungkin tidak akan terpengaruh sama sekali. Jika Anda telah makula terpisah tetapi pengobatan dilakukan dengan cepat maka penglihatan sentral Anda dapat kembali tetapi mungkin terdistorsi dan bergelombang. Banyak orang menemukan bahwa mereka beradaptasi dengan distorsi ini dengan waktu.

Jika Anda memiliki bayangan dalam visi periferal Anda, ini akan hilang setelah operasi tetapi Anda mungkin memiliki beberapa pembatasan untuk penglihatan tepi. Jika makula terpengaruh, semakin lama detasemen itu tidak diobati, semakin buruk visi cenderung setelah operasi. Namun, setelah makula telah terpisah, telah menunjukkan bahwa keterlambatan dalam pengobatan sampai tujuh hari tidak mempengaruhi bagaimana visi Anda membaik.

Sayangnya bagi sebagian orang, operasi mereka mungkin berhasil reattaching retina tetapi mungkin tidak membawa kembali penglihatan sentral rinci atau bidang penglihatan tepi. Hal ini dapat terjadi dalam keadaan apapun tapi risikonya tinggi lagi retina telah terpisah tanpa pengobatan apapun.

Apa yang terjadi jika retina terpisah tidak diletakkan kembali pada tempatnya, atau datang pergi lagi setelah operasi?
Kebanyakan orang akan kehilangan semua visi berguna jika tidak ada operasi dilakukan, atau jika pengobatan tidak berhasil. Namun, jika operasi pertama tidak berhasil, biasanya mungkin untuk memiliki satu atau lebih operasi untuk mencoba untuk kembali melampirkan retina. Pada setiap tahap, dokter bedah Anda akan membicarakan dengan Anda kemungkinan keberhasilan dan kebutuhan untuk memiliki pengobatan yang lebih.

Bagaimana jika pandangan saya tidak sebaik seperti sebelumnya?

Jika Anda kehilangan visi dalam satu mata karena detasemen Anda mungkin masih memiliki visi yang berguna dalam mata yang tersisa Anda. Kadang-kadang dapat memakan waktu beberapa bulan untuk membiasakan diri melihat dengan hanya satu mata yang baik jika mata lainnya mengganggu. Dengan waktu otak belajar mengabaikan visi miskin dalam kebanyakan situasi.

Jika mata terkena adalah mata yang baik Anda maka Anda dapat dibiarkan dengan gangguan penglihatan. Anda dapat menerima bantuan untuk melihat banyak hal-hal yang digunakan untuk melihat dengan menggunakan penglihatan yang tersisa Anda. Layanan low vision dapat membantu menemukan bantu terbaik untuk Anda, dan memberikan nasihat dan pelatihan tentang banyak, sering sederhana, cara yang dapat Anda membuat sebagian besar dari pandangan Anda. Tanyakan spesialis mata Anda, dokter mata (kacamata mata), GP, pekerja sosial atau organisasi sukarela lokal tentang layanan low vision di dekat Anda. RNIB juga dapat memberikan nasihat tentang bantuan yang tersedia.

mengatasi

Menjadi didiagnosis dengan kondisi mata dapat sangat merepotkan. Anda mungkin menemukan bahwa Anda khawatir tentang masa depan dan bagaimana Anda akan mengelola dengan perubahan dalam visi Anda. Semua perasaan ini alami.

Beberapa orang mungkin ingin berbicara lebih dari beberapa perasaan ini dengan seseorang di luar lingkaran teman-teman atau keluarga. RNIB dapat membantu Anda dengan Helpline telepon dan layanan dukungan emosional kita. GP atau sosial pekerja Anda juga mungkin dapat membantu Anda menemukan seorang konselor jika Anda berpikir ini akan membantu Anda.

Bantuan untuk melihat hal-hal yang lebih baik

Memiliki ablasi retina dapat menyebabkan perubahan serius dengan visi Anda untuk jangka panjang, tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat sebagian besar visi Anda yang tersisa dan beradaptasi dengan perubahan. Ini mungkin berarti membuat hal-hal yang lebih besar, menggunakan lampu terang atau menggunakan warna untuk membuat segalanya lebih mudah untuk melihat. Ada lebih lanjut tentang ini dalam publikasi kami, "Memulai: membuat sebagian besar dari pandangan Anda" yang tersedia dari Helpline kami pada 0303 123 9999.

Anda juga dapat meminta dokter mata Anda, kacamata atau GP untuk merujuk Anda ke layanan visi lokal rendah, yang dapat menyediakan Anda dengan bantu untuk membantu dengan membaca dan saran pada pencahayaan untuk membantu membuat sebagian besar dari pandangan Anda. Pelayanan sosial lokal juga harus mampu menawarkan informasi yang Anda untuk menjadi aman di rumah Anda dan mendapatkan keluar dan sekitar dengan aman. Mereka juga harus mampu menawarkan beberapa pelatihan mobilitas praktis untuk memberikan Anda lebih percaya diri saat Anda berada di luar.


Buka semua pos>>

Blog, Updated at: 04:21

0 comments:

Post a Comment

Tanya Di BBM Admin
Invite Di Bawah Ini
hasilkan uang